Friday, July 10, 2015

Cara Membuat Celengan Dari Kaleng Bekas Dan Kain Flanel

Tutorial kali ini tentang Cara Membuat Celengan Dari Kaleng Bekas Dan Kain Flanel. Walaupun disebut sebagai kaleng bekas, tetapi bukan berarti kaleng yang digunakan dalam tutorial ini berasal dari tempat sampah. Anda salah besar jika mengartikannya seperti itu. Untuk mendapatkan kaleng ini saya membeli dulu produknya berupa ikan sarden kalengan. Setelah dikonsumsi produknya, lalu kalengnya dicuci bersih hingga dapat dimanfaatkan untuk membuat tutorial ini. Begitu pula dengan kain flanelnya, walaupun menggunakan sisa-sisa kain flanel tetapi bukan berarti gratis. Kain flanel ini pun saya membelinya dengan uang, setelah kain flanelnya digunakan untuk berbagai karya saya, lalu masih ada sisa-sisanya sedikit dan inilah yang saya gunakan untuk menghias kaleng sehingga dapat dibuat menjadi sebuah celengan yang menarik. Jadi dalam proses membuat tutorial ini ada biaya bahan baku yang saya keluarkan selain biaya internet untuk meng-upload  tutorial ke blog sehingga dapat anda lihat seperti sekarang ini. Selain ada biaya bahan, saya juga menggunakan waktu, tenaga, dan pikiran untuk dapat menghasilkan tutorial ini ataupun tutorial-tutorial saya yang lainnya. Hal inilah yang tidak dipahami atau tidak dipedulikan sama sekali oleh para tukang copas  yang suka seenaknya saja mencuri tutorial dari berbagai blog dan website milik orang lain.
Oke sekarang kita lanjut ke tutorial tentang Cara Membuat Celengan Dari Kaleng Bekas Dan Kain Flanel
Untuk membuat celengan ini anda perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut :
- kaleng bekas
- kain flanel beraneka warna
- gunting
- lem UHU atau bisa juga menggunakan lem tembak
- jarum jahit
- benang jahit
Cara membuatnya bisa dilihat pada foto-foto tutorial di bawah ini :

1. Letakkan kaleng di atas kain flanel. Lalu dengan menggunakan pensil buatlah pola lingkaran seukuran keliling kalengnya. 

2. Kain flanel digunting mengikuti bentuk pola lingkaran yang telah dibuat. 

3. Buatlah lingkaran flanel sebanyak dua lembar dengan bentuk dan ukuran yang sama. Satu lembar untuk bagian atas kaleng dan satu lembar lagi untuk bagian bawah kaleng. 

4. Ambil selembar kain flanel tadi, lalu buatlah gambar lubang celengan tepat di tengah kain flanelnya. 

5. Gambar lubang celengan tadi lalu digunting sehingga hasilnya seperti terlihat pada foto no.5




6. Foto ke-6 menunjukkan bagaimana cara saya untuk mengetahui apakah kain flanel cukup untuk menutup sekeliling kaleng, yaitu dengan cara melingkarkan kain flanel ke sekeliling kaleng, lalu tandai batasnya dengan pensil. Untuk mengetahui tingginya bisa diukur dengan penggaris. 

7. Kain flanel yang tadi sudah diukur lalu digunting. Saat menggunting, lebihkan untuk jahitan kira-kira 2 milimeter di semua sisi kain flanel. 




8. Karena saya akan membuat celengan dengan tema taman bunga, jadi saya siapkan juga kain flanel berwarna hijau tua untuk dibuat menjadi semak-semak. Ukuran untuk kain flanel hijau ini hanya saya kira-kira saja. Yang pasti panjangnya harus sama dengan panjang kain flanel yang berwarna kuning. Sedangkan lebarnya kira-kira 3 cm.

9. Gunting kain flanel hijau itu dengan motif melengkung-lengkung. Saya langsung mengguntingnya tanpa membuat polanya. Untuk membuat semak-semak ini bentuk lengkung-lengkungnya boleh tidak beraturan.




10. Bentuk semak-semak sudah jadi. 

11. Tempel semak-semak tadi di bagian bawah kain flanel yang berwarna kuning. 




12. Buatlah gambar bunga di atas kain flanel. 

13.  Lalu kain flanel digunting sesuai gambar yang telah dibuat tadi. Hasilnya seperti pada foto ke-13.

14. Buatlah beberapa bunga flanel beraneka warna. Karena saya menggunakan kaleng berukuran kecil untuk membuat celengan ini, jadi saya cukup membuat empat bunga flanel saja. Jika anda menggunakan kaleng berukuran besar, mungkin bunga flanelnya perlu dibuat lebih banyak lagi. 

15. Tempel bunga-bunga flanel tadi di atas kain kain flanel berwarna kuning. 




16. Buat tangkai bunga dengan menggunakan benang berwarna hijau tua. 

17. Foto ke-17 memperlihatkan bunga-bunga yang semuanya sudah diberi tangkai. 




18. Buatlah gambar daun di atas kain flanel berwarna hijau tua. 

19. Kain flanel digunting sesuai gambar daun yang tadi sudah dibuat. 

20. Buatlah sebanyak yang anda butuhkan. Sesuaikan saja dengan berapa banyak bunga flanel yang anda buat. 

21. Tempel daun pada tangkai bunga. 




22. Buat gambar awan di atas kain flanel berwarna putih. 

23. Kain flanel digunting sesuai bentuk awan yang telah dibuat. Lalu tempel awan tadi di atas kain flanel berwarna kuning. 




24. Kain flanel yang sudah dihias tadi lalu dilingkarkan mengelilingi kaleng. Kemudian dijahit dengan menggunakan tusuk feston. 

25. Foto ke-25 memperlihatkan badan kaleng yang sudah tertutup dengan kain flanel. 




26. Pinggiran dari lubang celengan dijahit dengan tusuk feston. 

27. Satukan flanel bagian atas dengan flanel yang berwarna kuning dengan cara dijahit. Gunakan tusuk feston untuk menjahitnya. 

28. Satukan juga flanel bagian bawah dengan flanel yang berwarna kuning dengan dijahit menggunakan tusuk feston. 




Setelah celengan selesai dibuat ternyata ada sesuatu yang kurang. Bagian tengah bunga belum dihias. Lalu saya menggunting kain flanel dengan bentuk lingkaran kecil-kecil beraneka warna. Kemudian lingkaran kecil-kecil itu ditempel di tengah bunga flanel. 

Dan inilah foto hasil akhirnya :


Celengan yang saya buat itu bertema taman bunga. Selain taman bunga, bisa juga dibuat dengan tema lain, misalnya tema hewan, buah-buahan, dan lain-lain. 

Sekian dulu tutorial kali ini. Jika anda suka dengan tutorial ini, cukup di bookmark saja, tidak perlu sampai dicuri alias dicopas sehingga terjadi duplicate content di internet yang tentunya akan merugikan berbagai pihak. 

9 comments:

  1. Replies
    1. Untuk keperluan apa anda ingin mengcopas karya saya?
      Kenapa anda tidak membuat sendiri saja konten original untuk blog/website anda? Kenapa hrs copas? Apa anda tidak tahu apa itu DMCA?

      Delete
    2. Seharusnya anda malu krn sbg laki2 anda tidak mampu membuat konten original sendiri. Saya saja perempuan bisa membuat sendiri konten original utk blog ini.

      Delete
    3. Kalau anda tidak mampu membuat sendiri konten original lalu utk apa anda ngeblog? Utk gaya dan sok2an supaya kelihatan pinter? Itu berarti anda menipu diri sendiri dan juga menipu orang2 yg mengunjungi blog anda.

      Delete
    4. Saya ngeblog dgn modal hp. Saya tidak punya komputer/laptop. Tapi saya berusaha utk membuat sendiri konten original utk blog ini krn blog ini akan menjadi peninggalan saya kalau saya sudah meninggal dunia nanti. Lalu utk apa anda ingin mengcopas karya saya?

      Delete
  2. Mantap sis,, makasih ilmu nya,, 👍👍👍👍👍

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)